4 Bidang Keahlian

Teknik komputer adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) dari sistem komputasi modern, peralatan yang dikontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas.

Di dalam konsentrasi Komputer dan jaringan, anda akan mempelajari sejumlah teknologi dalam dunia komputer seperti Internet of Things (IoT), Data Mining, Artificial Intelligency, security jaringan dan database .

Bidang Keahlian ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan di bidang sistem isyarat elektronik. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan sistem isyarat elektronik, antara lain, yaitu Perancangan Sistem Digital, Sistem Komunikasi, Elektronika Digital, Teknik Pengolahan Isyarat Digital, Teknik Kendali Digital, dan Perancangan Sisten Elektronis.

Didalam Konsentrasi Elektronika dan Digital anda akan mempelajari pembuatan robot, sensor dan hal lainnya yang berkaitan dengan elektronika dan digital

Telekomunikasi adalah program studi yang mempelajari rekayasa di bidang telekomunikasi. Ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman informasi broadband”

didalam konsentrasi bidang telekomunikasi anda akan mempelajari tentang teknik propagasi sinyal , perancangan dan design Antena serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Antena

Sistem tenaga listrik (STL) adalah bagian dari konsentrasi teknik elektro yang mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi pada pembangkitan, transmisi, distribusi dan beban kelistrikan.

Pembelajaran berdasarkan konsep dasar, pemodelan matematis dan simulasi, disain, pengoperasian, pengendalian dan analisis sistem ketenagalistrik secara utuh dan berkesinambungan. Hal ini dilakukan untuk menjamin; kualitas, kontinuitas, ekonomis dan ramah lingkungan pada pengoperasian sistem tenaga listrik. Konsentrasi Sistem Tenaga Listrik akan memiliki lulusan dengan kualifikasi kompetensi sebagai berikut:

  • Memiliki basis IPTEK bidang tenaga listrik yang kuat sehingga mampu secara cepat mengikuti perkembangan khusus di bidang ketenagalistrikan.
  • Mampu menerapkan dan mengembangkan metoda kerekayasaan melalui kemampuan memodelkan, memformulasikan dan menganalisis untuk menyelesaikan permasalahan khususnya bidang ketenagalistrikan secara tepat.
  • Mampu menyelesaikan tugas mandiri dan tim secara terprogram, melalui proses pembelajaran teori, praktek di laboratorium dan praktek lapangan serta projek tugas akhir.

Alumni

Lulusan Teknik Elektro Universitas Mataram banyak terserap di berbagai industri karena Alumni Teknik Elektro terdiri dari empat bidang keahlian

Yaitu : Sistem tenaga listrik, Elektronika digital, Sistem Telekomunikasi, dan Teknik Komputer. Selain terjun ke dunia industri, alumni Teknik Elektro juga banyak yang melanjutkan pendidikan ke Jenjang yang lebih tinggi ke beberapa universitas terkemuka di Indonesia dan di luar negeri. Teknik Elektro juga menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses di bidang teknologi dan bidang usaha yang lain.

Event Mahasiswa

Himpunan mahasiswa Teknik Elektro (HME) aktif melaksanakan event baik di lingkungan Universitas Mataram ataupun mengikuti event regional dan nasional

Setiap Tahun Jurusan Teknik Elektro secara aktif mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuiti Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontens Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO), bahkan telah menjadi tuan rumah sebanyak dua kali pagelaran kontes tersebut

Laboraturium

Teknik Elektro di lengkapi dengan 6 laboraturium untuk menunjang pelaksanaan Praktikum agar mahasiswa memiliki keahlian yang baik.

Laboratium jaringan Komputer, Laboratium Sistem Kendali, Laboratium Sistem Telekomunikasi, Laboratium Listrik dasar dan Laboratium Elektronika Digital

Riset

Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro memiliki produktifitas yang cukup baik dalam menerbitkan hasil-hasil riset baik dalam bentuk publikasi maupun paten.

Mahasiswa juga berpeluang untuk ikut terlibat dalam melakukan riset diluar riset yang dilakukan dalam menyelesaikan tugas akhir, misalnya ketika terlibat dalam kegiatan lomba-lomba kontes robot, kontes roket dan lainnya.